Pengaruh Kinerja Jasa Pelayanan Makloon Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Mark Shen Ind. Crop.Bandung
Daftar Isi:
- Setiap penyedia produk dan jasa tentu saja berusaha untuk memberikan penawaran yang dapat melebihi ekspetasi dari pelanggan agar pelanggan merasa puas. Salah satu cara untuk memuaskan pelanggan dapat dengan menawarkan kualitas jasa yang tidak menyebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Oleh sebab itu, kualitas jasa perlu diperhatikan bagi penyedia jasa, termasuk perusahaan yang memberikan jasa makloon kain emboss dan calendering. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh kinerja jasa pelayanan makloon terhadap kepuasaan pelanggan di perusahaan Mark Shen Ind. Crop. Bandung, karena pelanggan perusahaan Mark Shen masih merasa belum puas atas layanan yang diberikan dan GAP 4 terjadi karena pesaing cenderung memberi janji yang sukar dipenuhi perusahaan Mark Shen. Diketahui pula bahwa harapan pelanggan terbentuk dari layanan yang mereka peroleh dari perusahaan lainnya yang pernah mereka gunakan. Sasaran penelitian ini ialah mengetahui hal-hal yang menjadi harapan pengguna jasa makloon emboss dan calender perusahaan Mark Shen; mengetahui tingkat Perceived Quality jika dilihat dan sudut pandang konsumen dan sudut pandang pesaing; serta memberikan usulan guna meningkatkan kinerja perusahaan Mark Shen Ind. Crop. Pesaing perusahaan Mark Shen yang diteliti ialah Hongta dan Panca. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah diatas ialah Perceived Quality dengan menggunakan Uji Hipotesis ketidakpuasan, Importance Performance Analysis 4 Kuadran dan Importance Performance Analysis 6 Kuadran dengan menggunakan bantuan Correspondence Analysis (perbandingan kinerja antar perusahaan sejenis yang memproduksi jasa makloon/calender diperusahaan Mark Shen dan pesaing-pesaingnya. Instrumen yang digunakan ialah instrumen Tingkat Kepentingan dan Tingkat Kinerja. Teknik sampling yang digunakan ialah Purposive Sampling. Jumlah sample yang digunakan ialah 30 responden. Hasil pengolahan data dan analisis menunjukkan bahwa pelanggan belum merasa puas terhadap kinerja perusahaan Mark Shen Ind. Crop pada 10 variabel. Dari 10 variabel-variabel dengan tingkat kepentingan tinngi menurut konsumen, terdapat 8 variabel dimana kinerja perusahaan Mark Shen mutlak unggul terhadap pesaingnya; serta 2 varibel dimana kinerja perusahaan Mark Shen masih bersaing terhadap para pesaingnya.