Daftar Isi:
  • Setiap manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi baik yang berhubungan dengan produk ataupun jasa. Dalam bidang jasa mendapatkan loyalitas dari konsumen merupakan hal yang penting, karena konsumen yang loyal dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk mendapat loyalitas, perusahaan dapat memanfaatkan electronic word-of-mouth dan kepercayaan merek dari konsumen. Dengan memberikan kuisioner kepada konsumen jasa travel Cipaganti dan Cititrans di Kota Bandung, dapat diketahui pengaruh dari electronic word-ofmouth dan kepercayaan merek pada loyalitas konsumen. Pengujian dilakukan dengan SPSS 17.00 menggunakan metode regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara parsial hanya kepercayaan merek yang mempunyai pengaruh pada loyalitas konsumen, namun secara simultan terdapat pengaruh dari electronic word-of-mouth dan kepercayaan merek pada loyalias konsumen sebesar 39.1% sedangkan sisanya 60.9% dipengaruhi oleh faktor lain.