Daftar Isi:
  • Kreativitas merupakan faktor utama yang sangat penting untuk kemajuan dan kesuksesan sebuah usaha. Data BPS kota Bandung menujukkan bahwa jumlah unit usaha industri, terutama industri kecil non formal, mengalami penurunan yang sangat signifikan sejak tahun 2010. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kreativitas dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah motivasi intrinsik dan creative self efficacy. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh motivasi intrinsik terhadap kreativitas jika dimediasi oleh creative self efficacy. Sample dalam penelitian ini adalah wirausahawan UKM di kota Bandung yang dibina oleh Bandung Creative City Forum (BCCF) yang berjumlah 135 wirausahawan. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM dengan bantuan software Lisrel 8.70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif dan lebih kuat terhadap creative self efficacy (β=0,80) daripada terhadap kreativitas (β=0,26). Sedangkan creative self efficacy memiliki pengaruh positif terhadap kreativitas sebesar 0,64 (β=0,64). Dengan demikian, motivasi intrinsik berpengaruh lebih kuat terhadap kreativitas jika dimediasi oleh creative self efficacy (β=0,52) dibandingkan pengaruh langsung motivasi intrinsik terhadap kreativitas (β=0,26). Selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mayoritas wirausahawan yang dibina oleh BCCF memiliki derajat motivasi intrinsik, creative self efficacy dan kreativitas yang masih tergolong sedang.