Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi sumber-sumber self efficacy terhadap self efficacy siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IX di SMP “X” Bandung. Subjek dari penelitian ini adalah 126 siswa kelas IX di SMP “X” Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner sumber-sumber self efficacy yang disusun oleh peneliti berdasarkan konsep teori dari Bandura (2002), terdiri dari 31 item dengan validitas berkisar 0,345 sampai 0,807 dan reliabilitas sebesar 0,706, 0,745, 0,769, 0,771 untuk masing-masing sumber. Selain itu, alat ukur yang digunakanadalah kuesioner derajat self efficacy yang disusun oleh peneliti juga berdasarkan konsep teori dari Bandura (2002) terdiri dari 56 item dengan validitas berkisar 0,302 sampai 0,727 dan reliabilitas sebesar 0,932. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji statistik regresi melalui program SPSS 21 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai koefisien kontribusi sumber-sumber self efficacy terhadap self efficacy siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IX sebesar 0.311. Dari keempat sumber self efficacy, physiological and affective state memberikan pengaruh terbesar terhadap self efficacy siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IX sebesar 0,239, diikuti oleh mastery experiences sebesar 0.183, social verbal persuasion sebesar 0,108 dan vicarious sebesar 0,08%. Peneliti mengajukan saran untuk dilakukan penelitian mengenai kontribusi sumber-sumber self efficacy terhadap self efficacy dalam mata pelajaran lain selain matematika.