Daftar Isi:
  • Studi ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh citra merek Toyota dan inovasi produk Toyota Agya terhadap loyalitas konsumen Toyota Agya. Penelitian dilakukan di Wijaya Toyota II dan Agya Owner Community / AOC di Bandung. Subjek penelitian ini adalah 106 dari 135 konsumen (termasuk di luar Wijaya Toyota II dan AOC). Beberapa uji pendahuluan yang dilakukan sebelum uji hipotesis adalah pengujian validitas, reliabilitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, normalitas, serta statistik deskriptif dan korelasi antarkonstruk penelitian. Ketiga hipotesis diuji dengan menggunakan Anova. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 40,2% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh citra merek dan inovasi produk, sedangkan sisanya sebesar 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi dari temuan studi ini adalah citra merek dan inovasi produk perlu ditingkatkan untuk menghasilkan loyalitas konsumen. Faktor citra merek dan inovasi produk (kelompok produk) memengaruhi loyalitas konsumen sebesar 40,2%, sementara sisanya sebesar 59,8% (kelompok price, place, dan promotion) perlu diperhatikan. Komunitas AOC perlu memberikan edukasi mengenai Toyota Agya yang dapat meningkatkan loyalitas konsumennya. Sementara itu, terdapat saran untuk penelitian mendatang, yaitu memilih responden yang lebih luas, menghubungkan loyalitas konsumen dengan variabel kontrol, serta menggunakan variabel lain selain citra merek dan inovasi produk yang dapat menjadi prediktor dalam meningkatkan loyalitas konsumen.