Daftar Isi:
  • Dalam mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat dengan indeks yang sangat puas, Kantor Bersama SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Dibawah Satu Atap ) wilayah XX Kota Bandung Barat. Merumuskan suatu sasaran dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan. Sejauh ini tanggapan masyarakat sebagai pengguna layanan tidak selalu positif. Hal ini dapat dilihat jelasnya berbagai keluhan yang disampaikan melalui media masa, kotak saran, pembaca kalangan masyarakat. Berkaitan dengan hal diatas maka, dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang telah dilakukan oleh SAMSAT Bandung Barat dan seberapa besar Indeks Kepuasaan Masyarakat. Penelitian yang dilakukan penelitian yang mengacu kepada keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no : KEP/ 25/M.PAN/2/2004 tentang indeks kepuasan masyarakat dari acuan tersebut didapatkan hasil penghitungan dengan rumus yang ada di Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan dibandingkan dengan tabel TERRA untuk mendapatkan penelitian secara kualitatif. Hasil yang didapatkan yaitu Indeks Kepuasan Masyarakat SAMSAT Bandung Barat dinyatakan baik.