Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Claresta
Daftar Isi:
- Kosmetik kini sudah menjadi kebutuhan bagi gaya hidup masyarakat modern. Tidak hanya dibutuhkan kaum wanita, tetapi juda kaum pria. Persaingan di industri kosmetik di Indonesia pun semakin ketat, terutama dengan masuknya produk-produk kosmetik dari luar negeri. Banyaknya merek kosmetik yang ada di pasar menjadikan perusahaan kosmetik bersaing dalam membangun merek produknya agar menjadi yang paling unggul. Sebuah merek yang dipercaya tentunya akan lebih disukai dan dipilih oleh konsumen. PT. Araya Distriversa Lestari adalah perusahaan manufaktur dan distribusi kosmetik. Claresta adalah sebuah lini merek kosmetik yang diluncurkan oleh PT. Araya Distriversa Lestari dan sudah eksis sejak tahun 2000. Penelitian ini membahas secara umum tentang bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli pada produk kosmetik Claresta. Dimensi ekuitas merek adalah kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, dan loyalitas merek. Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 responden sesuai kriteria penelitian ke toko-toko kosmetik yang menjual produk Claresta di wilayah Bandung. Kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 16.0. Kesimpulannya adalah ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, dan loyalitas merek mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat beli sebesar 83%. Oleh karena itu, kosmetik Claresta harus dapat mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek secara maksimal.