Analisis Kinerja Atribut Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Handphone Blackberry (Studi Kasus Pada Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Kemajuan dalam dunia teknologi informasi saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan. Hal ini membuat persaingan di antara perusahaan- perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi semakin ketat. Telepon selular adakah salah satu produk dari kemajuan teknologi yang berkembang. Dan Blackberry merupakan salah satu telepon selular yang banyak diminati pada saat ini. Penelitian ini mengambil tema mengenai “pengaruh kinerja atribut produk telepon selular Blackberry terhadap kepuasan konsumen”. Dimana yang menjadi identifikasi masalah adalah seberapa besar pengaruh pengaruh tingkat kinerja atribut hadphone Blackberry (tingat daya tahan baterai, tingkat ketahanan perangkat keras, tingkat kecepatan perangkat lunak, tingkat kemajuan teknologi, tingkat banyaknya variasi aksesoris, tingkat manfaat fitur, tingkat keindahan dan kenyamanan, tingkat keringanan telepon seluler, tingkat tebal dan panjang telepon seluler) terhadap tingkat kepuasan konsumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penjelasan yang bersifat deskriptif analisis dan verifikatif, adalah metode yang memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat variabel yang diselidiki. Dengan variabel bebas (X) adalah kinerja atribut handphone Blackberry dan variabel terikat (Y) adalah kepuasan konsumen. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner, dengan total responden berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan yang positif dan sangat mempengaruhi antara kinerja atribut produk dengan kepuasan konsumen sebesar 0.734 atau sebesar 73,4% dan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh faktor lain.