Daftar Isi:
  • Bidang usaha kuliner semakin berkembang dengan pesat, dan bisnisnya semakin banyak diminati. Walaupun banyak terdapat restoran atau rumah makan tetapi hanya beberapa saja yang benar-benar padat pengunjungnya. Atmosphere restoran dapat memberikan rasa nyaman pada konsumen. Atmosphereyang nyaman menciptakan suasana yang menarik sehungga mempengaruhi minat beli konsumen. Restoran Ojolali merupakan salah satu restoran yang menggunakan Atmosphere restorannya untuk menarik minat beli konsumen. Teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini diambil dari buku-buku pendukung dan internet. Teori-teori tersebut akan dibahas dalam satu tinjauan pustaka yang mencakup semua bahan yang berhubungan dengan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan survey. Variabel yang diteliti adalah Atmospheresebagai variabel X, dan Minat Beli sebagai variabel Y. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 180 responden Restoran Ojolali dan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan membaca buku dan tulisan ilmiah lainnya. Teknik sampling yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, yang meliputi analisis korelasi Pearson, koefisien determinasi dan regresi linier. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan responden yang mendatangi Restoran Ojolali berjenis kelamin pria sebanyak 140 orang (77.78%). Usia responden 21-30 tahun sebanyak 82 orang (45.56%). Responden bekerja sebagai pegawai swasta sebanyak 123 orang (68.33%) dan tingkat pendapatan responden biasanya kurang dari Rp 2.000.000,- sebanyak 71 orang (39.44%). Sebanyak 92 orang (51.11%) responden yang berkunjung ke Restoran Ojolali dalam satu bulan tidak menentu. Dari hasil penelitian dan pengolahan data statistik dengan metode regresi menggunakan SPSS versi 11.5 dapat diketahuiregresi AtmosphereRestoran Ojolali terhadap Minat Beli sebesar 18,9 %, sedangkan 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan ini dapat diketahui, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Restoran Ojolali. Jika Atmosphere semakin baik, maka semakin tinggi pula minat beli konsumen pada Restoran Ojolali tersebut.