Analisis Persaingan dan Usulan Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Bersaing (Studi Kasus di Cihampelas Walk Bandung)
Daftar Isi:
- Cihampelas Walk (CiWalk) adalah sebuah mallyang berdiri pada tahun 2004 di Bandung. CiWalk merupakan mal pertama di Bandung yang mengadaptasi open mall concept, namun CiWalk belum dapat menguasai pangsa pasar. Hal ini dapat dilihat dari sepinya pengunjung pada hari-hari biasa. Maka dari itu dibuat penelitian yang dapat membantu CiWalk dalam memenangkan pesaingan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang penting menurut konsumen dalam memilih mall, kelemahan dan kelebihan dari CiWalk, dan juga untuk mengetahui strategi yang tepat yang harus diambil CiWalk agar dapat meningkatkan kemampuan bersaingnya. Dalam melakukan penelitian ini dikumpulkan data-data dengan cara pengamatan langsung, wawancara dan juga dengan penyebaran kuesioner. Untuk kuesioner awal populasi yang dipakai adalah semua konsumen yang pernah mengunjungi mal dengan penyebaran kuesioner dengan metode purposive sampling. Sedangkan pada kuesioner penelitian yang menjadi populasi adalah semua konsumen yang pernah mengunjungi CiWalk, Istana Plaza dan Paris van Java. Sedangkan penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling. Model yang dipakai adalah model Manuverability menurut Miland Lele yang terdiri dari empat dimensi yaitu Produk, Pelayanan,Personel, dan Citra. Pengolahan data dengan menggunakan Cochran serta correspondence analysis (CA) dengan bantuan program Statistical Program For Social Science(SPSS ver. 14.00). Cochrandigunakan untuk mereduksi faktor-faktor yang menurut konsumen tidak penting dalam memilih mall. Sedangkan CA digunakan untuk mengetahui peta posisi dari CiWalk beserta atribut-atribut. Kemudian setelah diolah, hasil tersebut dianalisis Strengths dan Weaknesses-nya untuk mendapatkan suatu strategi bersaing yang tepat. Pendekatan Strengths dan Weaknesses yang dilakukan adalah menggunakan hasil dari CA dimana atribut yang berada pada kuadran dimana CiWalk berada merupakan kekuatan dari CiWalk. Sedangkan atribut yang berada di luar kuadran CiWalk berada merupakan kelemahan yang dipunyai CiWalk. Dari hasil pengolahan menggunakan Cochran, dari 37 atribut yang ada direduksi menjadi hanya 25 atribut saja yang menurut konsumen penting dalam memilih mall. Kemudian dari 25 atribut tersebut yang menjadi kelebihan CiWalk sebanyak 4 atribut dan kelemahan sebanyak 15 atribut, sedangkan 6 atribut lainnya berada pada kuadran ketiga dimana tidak terdapat mal pada kuadran tersebut. Strategi bersaing yang tepat yang dapat diambil CiWalk adalah strategi penantang pasar. Strategi tersebut diambil karena tujuan CiWalk adalah menjadi pemimpin pasar dan juga CiWalk memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan mall lainnya. Adapun strategi-strategi tersebut harus dicondongkan kepada serangan frontal. Strategistrategi tersebut antara lain: strategi inovasi produk untuk meningkatkan kemampuan memenuhi kebutuhan pengunjung, strategi peningkatan pelayanan dengan cara penambahan personel dan juga pemberian reward and punishmentuntuk meningkatkan pelayanan.