Pengaruh Celebrity Endorsers (Aura Kasih) terhadap Minat BELI KONSUMEN pada Produk Frestea Green My Body di Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Dalam situasi perekonomian di Indonesia seperti sekarang ini banyak perusahaan yang saling bersaing khususnya dalam periklanan. Suatu strategi periklanan yang populer digunakan untuk memindahkan makna budaya ke dalam produk dan merek adalah dengan memanfaatkan para selebriti untuk ikutmenjamin suatu produk tertentu. Trend yang berkembang saat ini adalah pemakaian Celebrity Endorsements, baik itu para aktor atau aktris, atlet maupun selebritis lainnya. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini akan membahas secara umum tentang bagaimanakah pengaruh Celebrity Endorsers(Aura Kasih) yang dilakukan oleh iklan Frestea Green My Body terhadap minat beli konsumen di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Celebrity Endorsers dapat dinilai dari3 dimensi yaitu Expertise, Attractiveness, dan Trustworthiness. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dimana respondennya adalah mahasiswa/mahasiswi di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yang pernah menonton iklan Frestea Green My Body. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 12.0. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa Sig. (α) = 0,662 > 0.05 sehingga H0 diterima atau koefisien regresi tidak signifikan, yang berarti tidak ada pengaruh antara Celebrity Endorsers(Aura Kasih) terhadap minat beli konsumen pada produk Frestea Green My Bodydi lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yaitu sebesar -1,4% = 0%. Dari kesimpulan di atas, maka penulismencoba untuk memberikan saran yaitu sebaiknya perusahaan menggunakan beberapa kategori produk yang berbeda (High Involvement & Low Involvement) dan sebaiknya membuat iklan yang memiliki ciri yang khas dalam iklannya sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingat pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut dan dapat menimbulkan minat beli konsumen terhadap produk yang diklankan tersebut.