Analisis Pengaruh Price, Store Image, Intensity of Marketing Activities,dan Price Deals pada Citra Merek Produk Coca Cola
Daftar Isi:
- Perusahaan harus membangun kekuatan merek produk, yakni melalui citra merek yang kuat dan menguntungkan. Citra merek dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari: dimensi harga, citra toko, intensitas kegiatan pemasaran, dan kesepakatan harga. Sasaran penelitian ini adalah menguji pengaruh bauran pemasaran pada citra merek produk Coca Cola. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan 231 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk minuman ringan merek Coca Cola. Sedangkan karakteristik responden yang digunakan adalah usia,jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pendapatan. Metode analisis menggunakan adalah metode statistik regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 12.00. Selain itu, instrumen penelitian diadopsi dari Rajh (2005). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, simpulan akhir yang dapat diambil adalah intensitas kegiatan pemasaran memberikan pengaruh paling besar pada citra merek produk Coca Cola yang termasuk produk low involvement. Pengaruh intensitas kegiatan pemasaran pada citra merek produk Coca Cola adalah sebesar 10% - 10.2%, sedangkan sisanya sebesar 89.8% - 98% dipengaruhi oleh faktor lain selain harga, citra toko, dan kesepakatan harga. Jika harga merupakan variabel independen tunggal, maka harga mempengaruhi citra merek produk Coca Cola sebesar 2.7%.