Daftar Isi:
  • Pada umumnya orang membayangkan produk sebagai sesuatu yang berwujud nyata, memiliki bentuk, dapat dilihat, disentuh atau pada intinya menggambarkan produk sebagus sesuatu yang berbentuk lahiriah. Tetapi ada produk yang tidak berwujud dan tidak dapat disentuh secara nyata, namun dapat dirasakan manfaatnya, inilah yang disebut jasa. Dalam hal ini penulis memfokuskan pada bidangjasa, khususnya fotografi. Banyak hal yang memotivasi orang untuk membeli jasa foto diantaranya keinginan untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa spesial seperti pernikahan, wisuda, keluarga dan lainnya. Akhir-akhir ini bisnis di bidang jasa fotografi semakin berkembang. Semakin banyak perusahaan jasa bermunculan, menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam bidang ini. Perusahaan dituntut memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus dan memberikan pelayanan yang prima. Dalam industri jasa yang terpenting adalah kualitas jasa layanan. Hal ini dapat dilihat dalam 5 dimensi kualitas jasa yaitu: Tangibles, Emphaty, Reliability, Responsiveness, Assurance. Apabila unsur kualitas jasa diatas sudah dapat dipenuhi maka loyalitas pelanggan akan dapat tercipta. Loyalitas pelanggan terlihat ketika pelanggan melakukan pembelian ulang secara teratur, membeli antarlini produk atau jasa, mereferensikan kepada orang lain, dan menunjukkan kekebalan terhadap pesaing. Penulis melihat bahwa kualitas layanan yang diberikan XQuisite Photography cukup baik. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pelaksanaan kualitas jasa, tingkat loyalitas dan seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di XQuisite Photography Bandung. Dapat dilihat dari hasil analisis data kuisioner yang disebarkan pada 35 responden, dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,736 atau 73,6 %, dengan statistik uji t hit 4,292 > t tab 0,283 sehingga Ho ditolak maka ada pengaruh kualitas jasa layanan Studio foto terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dilakukan sebagai masukan dalam membantu XQuisite Photography untuk mengetahui titik kelemahannya sehingga dapat memperbaiki agar perusahaan dapat mempertahankan eksisistensinya dalam menghadapi persaingan yang ketat serta dapat mempertahankan pelanggannya.