Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat, hal ini ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan setiap perusahaan pada umumnya berusaha untuk bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru agar jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara empirik pengaruh dari variabel trust in a brand terhadap brand loyalty. Merek yang diteliti adalah merek minuman teh hijau siap saji merek Nü Green Tea, yang respondennya diambil dari para konsumen Nü Green Tea yang ada di Universitas Kristen Maranatha Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel trust in a brand berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Pengaruh variabel trust in a brand terhadap brand loyalty adalah sebesar 0,241 (24,1%) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan loyalitas merek konsumennya, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.