Daftar Isi:
  • Tingkat persaingan industri sepeda motor di Indonesia semakin ketat, hal ini ditunjukan dengan semakin banyaknya produsen yang berkecimpung di industri ini. Keadaan tersebut tentunya memaksa para produsen untuk bekerja lebih keras jika ingin memenangkan persaingan. Cara yang dianggap paling efektif untuk memenangkan persaingan adalah dengan pemasangan iklan di berbagai media. Ada banyak cara untuk membuat iklan yang menarik, antara lain melalui penyisipan humor, penggunaan daya pikat rasa takut dan rasa bersalah, hingga penggunaan selebriti sebagai model iklannya. Penggunaan selebriti sebagai model iklannya, adalah cara yang paling banyak digunakan oleh produsen sepeda motor di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan karena atribut kepopuleran yang dimiliki oleh selebriti. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Celebrity Endorser Dalam Iklan Sepeda Motor Yamaha Mio Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 responden dimana respondennya adalah masyarakat di Kota Bandung. Data yang tekumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, maka diketahui bahwa Sig. (*) = 0,000 < 0.05 sehingga H0 ditolak atau berarti ada pengaruh antara Celebrity Endorsers terhadap minat beli konsumen pada Sepeda Motor Yamaha Mio di Kota Bandung yaitu sebesar 49,1% sedangkan 50,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Dari kesimpulan tersebut, penulis mencoba memberikan saran yaitu dalam memilih selebriti sebaiknya perusahaan mempertimbangkan tingkat kecocokan antara produk yang ditawarkan dengan karakteristik yang dimiliki oleh selebriti yang bersangkutam , serta pengunaan selebrity yang sama untuk iklan produk yang sama.