Segmentasi Gaya Hidup pada Mahasiswa Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Segmentasi tidak hanya digunakan dalam kegiatan bisnis saja tetapi telah berkembang ke berbagai bidang termasuk pendidikan. Dalam bidang pendidikan, segmentasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna mengenai karakteristik peserta didik. Informasi dapat dijadikan bahan masukan untuk menyusun program akademik yang mengakomodasi keunikan karakter peserta didik. Penulis tertarik untuk meneliti segmentasi gaya hidup pada mahasiswa Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris Universitas Kristen Maranatha. Penulis ingin memberikan informasi kepada Universitas Kristen Maranatha mengenai karakter mahasiswa/i-nya untuk menyusun program akademik yang lebih baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan variabel gaya hidup sebagai dasar segmentasi. Peneliti menggunakan metode analisa k-means cluster dimana peneliti melakukan beberapa uji pendahuluan yang terdiri dari uji reliabilitas dan uji validitas. Penelitian ini menggunakan sampel secara convenient sampling. Dari penelitian ini terlihat bahwa mahasiswa Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris Universitas Kristen Maranatha terbagi menjadi empatsegmen, yaitu pelajar konservatif (3%), pelajar konservatif-kreatif (13,5%), pelajar dinamis (21%), dan pelajar konservatif-trendsetter (62,5%).