Daftar Isi:
  • Customer complain handling adalah suatu proyek untuk menangani complain terhadap perusahaan untuk memperbaiki kinerja dari PT Pos Indonesia. Tujuan diadakan penelitian ini agar mengetahui seluruh sisterm keamanan pada sistem informasi Customer Complain Handling yang ada pada perusahaan dan untuk mengetahui cara menerapkan sistem keamanan pada sistem informasi customer complain handling pada PT. Pos Indonesia dengan menggunakan cobit 5 DSS 05. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah Cobit 5 DSS05. Sumber data berasal dari observasi ke lapangan, screen shot program, buku-buku yang relevan,dan data wawancara. Cara menganalisis adalah dengan mengumpulkan bukti-bukti yang sesuai setelah itu analisa akan diukur kesesuaiannya dengan proses pada standar yang telah ditentukan dan akan diberikan penilaian serta rekomendasi untuk perbaikan. Cara mengumpulkan data adalah dengan teknik wawancara, serta observasi langsung ke lapangan dan penelusuran dokumen-dokumen yang terkait. Setelah semua tersebut dilakukan ditemukan bahwa PT. Pos Indonesia secara tidak langsung sudah menerapkan sistem keamanan yang ada pada Cobit 5 DSS05 akan tetapi perbaikan kearah yang lebih baik harus dilakukan.