Studi Deskriptif Mengenai Derajat Self-Efficcy pada Siswa Kelas IX yang Akan Menghadapi Ujian Nasional di SMPN "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai derajat self-efficacy pada siswa kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri “X” Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan teknik survey terhadap 200 siswa kelas IX di SMP Negeri “X” Bandung. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner self-efficacy yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori self-efficacy dari Bandura (1997). Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, diperoleh 48 item yang diterima dengan validitas berkisar antara 0.300 sampai 0.531 dengan menggunakan kriteria Friedenberg, serta reliabilitas sebesar 0.888 dengan menggunakan kriteria Guilford. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 53 % siswa kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri “X” Bandung tergolong memiliki self-efficacy tinggi sedangkan 47 % siswa kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri “X” Bandung tergolong memiliki self-efficacy rendah. Sumber-sumber yang menunjukkan keterkaitan dengan self-efficacy pada siswa kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri “X” Bandung yaitu physiological and affective states. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian mengenai kontribusi antara mastery experience, vicarious experiences, verbal persuasion and physiological and affective states terhadap derajat self-efficacy pada siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional. Bagi guru BK, disarankan untuk memberikan pelatihan atau penyuluhan kepada siswa yang memiliki self-efficacy rendah agar dapat memberitahukan mengenai hal-hal yang positif yang dimiliki oleh siswa dan peluang-peluang yang masih terbuka yang dapat dicapai oleh siswa.