Pengaruh Perilaku Konsumtif Tampak terhadap Compulsive Buying Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha
Daftar Isi:
- Penelitian yang mempelajari tentang fenomena perilaku pembelian itu sangat menarik untuk diteliti. Diantaranya adalah perilaku konsumtif tampak terhadap compulsive buying. Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku pembelian yang tidak terkontrol merupakan respon atau kejadian atau perasaan yang negatif. Sedangkan compulsive buying adalah suatu kondisi yang kronis, dimana seseorang melakukan aktivitas pembelian dengan cara berulang kali, karena akibat dari suasana hati yang tidak menyenangkan. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan nonprobability sampling dengan 133 responden, tetapi yang dapat digunakan dari 150 kuesioner yang disebarkan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh perilaku konsumtif tampak terhadap compulsive buying. Dari data-data yang sudah diolah, menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, pada kriteria penerimaan α < 0.05. Hal itu dapat menunjukan bahwa terdapat pengaruh perilaku konsumtif tampak terhadap compulsive buying mahasiswa universitas kristen maranatha.