Daftar Isi:
  • Perkembangan transportasi publik yang handal dapat membuat beralihnya masyarakat dari angkutan pribadi ke angkutan publik . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai perbandingan waktu perjalanan T ahun 2013 dan 2015 pada Bus Trans Metro Bandung Korid or II. Variasi waktu perjalanan merupakan hal penting untuk memahami penurunan keandalan kinerja angkutan publik . Penelitian dilakukan selama satu minggu, untuk mendapatkan data primer berupa waktu perjalanan bus. Sedangkan data sekunder yang diperlukan ad alah panjang rute, lokasi shelter , dan jumlah armada bus Trans Metro Bandung. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa shelter bus tidak beroperasi dan kondisi rute Cicaheum - Cibeureum di beberapa segmen jalan berpotensi menimbulkan kemacetan. Hasil analisis menunjukkan Bus Trans Metro Bandung memiliki nilai variabili tas dengan rentang 4% sampai 23, 7%. Perbandingan waktu perjalanan antar hari menunjukkan b ahwa variabilitas pada akhir pe kan lebih stabil dibanding pada hari kerja. Pemetaan rute perjalanan, lokas i shelter dan kondisi eksisting lalu lintas menggunakan aplikasi MapInfo yang berbasis GIS. Penelitian dapat dimanfaatkan oleh operator bus Trans Metro Bandung yaitu Perum DAMRI yang mampu mengarah kan pada efektifitas dan efisiensi kinerja Trans Metro Band ung.