Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada "MU CAFÉ" Bandung
Daftar Isi:
- Era globalisasi membawa perkembangan dunia kepada berbagai macam perubahan yang menuntut pada persaingan di dunia bisnis yang semakin lama semakin ketat.Aktivitas masyarakat sehari - hari dirasakan semakin lama semakin padat dan menimbulkantingkat stress yang cukup tinggi dan terkadang persaingan bisnis yang ketat menimbulkan keterbatasan waktu dalam pemenuhan kebutuhan pangan.Oleh karena itu masyarakat memerlukan tempatsebagai media pelepas stress dan sekaligus sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan pangannya.Maka dari itu pihak “MU CAFÉ” berusaha untuk memenuhi semua criteria yang menjadi kebutuhan konsumen, baik produk maupun jasanya agardapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Penulis melakukan penelitian di “MU CAFÉ” yang terletak di Paris Van Java, Ground Floor G-B-61 Jln. Sukajadi no. 137-139, Bandung, tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dimensi kualitas pelayanan meliputi tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsIveness (tanggung jawab),assurance (keyakinan),emphaty (empati) yang diberikan oleh “MU CAFÉ” bagi para konsumennya dan mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan yang diberikan oleh “MU CAFÉ” terhadap tingkat kepuasan konsumen. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang responden,digunakan metode pendekatan survei dan kuesioner yang disebarkan pada konsumen “MU CAFÉ”.Untuk manganalisa data basil penelitian ini digunakan perhitungan korelasi rank Spearman dan diperoleh basil adanya hubungan yang kuat meuju sempuma rs = 0,857, serta pengujian signifikan dengan tingkat a = 5% menghasilkan t hitung ( 11,55236)> t table ( 1,66).Hal ini berarti adanya hubungan korelasi yang kuat antara dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumendi “MU CAFÉ”.Kontribusi dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui koefisien deteminasi (Kd) sebesar 73.4% dan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.