Pengaruh Kinerja Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah kinerja periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen handphone merek Nokia. Melakukan penelitian di Universitas Kristen Maranatha pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji program periklanan yang dilakukan oleh PT. Nokia Indonesia, untuk mengkaji pengaruh kinerja periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen handphone merek Nokia dan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh kinerja periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen handphone merek Nokia. Program periklanan yang dilakukan oleh PT. Nokia Indonesia adalah dengan melalui media koran, majalah, tabloid, televisi, reklame luar ruang dan internet. Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian riset deskriptif dan riset asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuesioner kepada 94 responden. Pengujian melakukan skala likert’s untuk mengetahui pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan meggunakan metode regresi sederhana diperoleh nilai α = 0,070. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja periklanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen handphone merek Nokia. Sedangkan hasil pengujian correlation (korelasi Pearson) yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan periklanan sebagai variabel independen (X) terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y) nilai tingkat hubungan variabel (X) dan (Y) sebesar 0,188 artinya adalah hubungan antara periklanan terhadap keputusan pembelian sangat rendah. Berdasarkan penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa kinerja periklanan yang dilakukan pada PT. Nokia Indonesia tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.