Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang Menggunakan Jasa Isi Ulang Pulsa di Air Mas Cell Cirebon
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan AIR MAS CELL Cirebon. Kualitas pelayanan diukur dari bukti fisik (Tangibility), keandalan (Reliability), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan empati (Empathy). Loyalitas pelanggan diukur dari seberapa banyak konsumen melakukan pembelian ulang. Menggunakan regresi sederhana, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Akan tetapi pengaruh kualitas pelayanan termasuk kecil (24,4%), variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen memiliki pengaruh lebih besar (75,6%). Ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen dipengaruhi tidak hanya oleh kualitas pelayanan tetapi juga oleh variabel lain. Pembahasan ini juga memberikan implikasi manajerial dan penelitian lebih lanjut.