Pengaruh Self – Acceptance pada Compulsive Buying dengan Gender sebagai Variabel Moderasi
Daftar Isi:
- Pembelian yang dilakukan oleh konsumen seringkali tidak didasari oleh kebutuhan mereka, akan tetapi oleh kebutuhan psikologis yang ada dalam diri kita. Kebutuhan itu muncul apabila kita dalam keadaan tertekan, marah, sedih dan perasaan lain yang mempengaruhi emosi mereka. Pembelian yang mereka lakukan tak lain hanya untuk membuat mereka merasa sedikit lebih baik ini dinamakan pembelian kompulsif. Akan tetapi perilaku pembelian ini menjadi suatu masalah psikologis, pelampiasan yang mereka lakukan berdampak negatif dalam kehidupan mereka dan kehidupan keluarga mereka tanpa mereka sadari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhvariabel self-acceptance terhadap variabel compulsive buying. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selfacceptance berpengaruh negatif pada compulsive buying. Sedangkan gender sebagai variabel moderasi memiliki pengaruh.