Daftar Isi:
  • Segmentasi tidak hanya digunakan dalam kegiatanbisnis saja tetapi bisa juga digunakan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Dalam bidang pendidikan, segmentasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna mengenai karakteristik peserta didik. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan masukan untuk menyusun programprogram akademik yang mengakomodasi keunikan karakter peserta didik. Penulis tertarik untuk meneliti segmentasi mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha Bandung Fakultas Seni Rupa dan Desain karena ingin memberikan informasi kepada Universitas Kristen Maranatha Bandung Khususnya Fakultas Seni Rupa dan Desain mengenai karakter mahasiswa/i-nya untuk menyusun program-program akademik yang lebih baik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran mengenai kegiatan mahasiswa/mahasiswi Universitas Kristen Maranatha Bandung Jurusan Seni Rupa dan Desain Dalam penelitian ini penulis menggunakan variabel gaya hidup sebagai dasar segmentasi. Peneliti menggunakan metode K-means clusterdimana peneliti melakukan beberapa uji pendahuluan yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan sampel secara Quota sampling. Dari penelitian ini terlihat bahwa Mahasiswa/mahasiswi Universitas Kristen Maranatha Bandung Fakultas Seni Rupa dan Desain terbagi ke dalam 4 segmen, yaitu Mahasiswa/Mahasiswi konservatif (30%), konservatif-kreatif (38%), dinamis (4.5%), konservatif-trendsetter (27.5%).