Daftar Isi:
  • Layanan terhadap pelanggan yang ramah dan berkualitas sangat diperlukan pada semua perusahaan terutama yang bergerak di bidang jasa, seperti halnya Toko Kosmetik Sinar Baru yang bergerak dalam penjualan produk kosmetik. Penggunaan House Of Quality (HOQ) yang merupakan bagioan dari Quality Function Deployment (QFD) sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan 16 karakteristik kebutuhan pelanggan, 10 diantaranya dinilai sangat penting yang harus dicermati oleh pihak Toko Kosmetik SinarBaru dalam upaya meningkatkan kualitas layanan secara terus menerus yaitu karyawan cepat tanggap dalam menangani keluhan dan saran dari pelanggan, kecepatan dalam melayani kebutuhan pelanggan, karyawan bersedia segera membantu pelanggan yang mengalami masalah mengenai kecantikan, komunikasi yang lancar antara karyawan dengan pelanggan, kemampuan karyawan dalam menjawab pertanyaan pelanggan, pengetahuan karyawan mengenai produk yang dijual, karyawan memberikan perhatian personal pada pelanggan, karyawan yang memahami kebutuhan pelanggan, kesopanan dan keramahan karyawan kepada pelanggan, dan kemudahan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Upaya yang dapat dilakukan oleh pihak Toko Kosmetik Sinar Baru untuk meningkatkan kualitas layanan antara lain dengan memberi pengarahan secara periodik dan evaluasi pada karyawan guna meningkatkan layanan di Toko Kosmetik Sinar Baru, serta memberikan perhatian penuh pada karaktersitik teknik yang memiliki tingkat kepentingan relatif yang cukup tinggi, terutama 5 karakteristik teknik tertinggi yaitu pelatihan pada karyawan, tingkat pengalaman karyawan, tingkat pengalaman karyawan, sifat individu, dan tingkat penguasaan terhadap produk, karena semakin tinggi kepentingan relatif dari karaktersitik teknik perusahaan menandakan semakin penting dan memberikan dampak positif dalam memenuhi karaktersitik kebutuhan pelanggan.