Daftar Isi:
  • Krisis global yang terjadi di dunia pada tahun 2008 mempengaruhi perkembangan usaha di berbagai negara. Krisis global menyebabkan turunnya nilai mata uang di dunia yang menyebabkan perekonomian tidak stabil. Hal ini membuat daya beli masyarakat menurun dan menyebabkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Persaingan yang demikian ketat itu membuat perusahaan harus memaksimalkan kinerjanya, yaitu dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dalam hal meningkatkan minat beli konsumen dengan melakukan promosi penjualan. Tujuan diadakan penelitian ini adalahuntuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen Djarum L.A. Lights di daerah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan metode verifikatif, yaitu dengan cara mengumpulkan informasi secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh/ mengetahui pendapat dari responden. Tujuannya yaitu untuk mengetahui hubungan promosi penjualan dengan minat beli konsumen. Pengaruh program promosi penjualan yang dilakukan Djarum L.A. Lights terhadap minat beli konsumen cukup baik, hal ini ditunjukan dengan besarnya korelasi antara promosi penjualan dengan minat beli konsumen yaitu sebesar 0,472 artinya jika variabel X dinaikkan maka varibel Y akan ikut naik juga, demikian pula sebaliknya, koefisien korelasi ini memiliki derajat sedang