Pengaruh Word of Mouth Advertising terhadap Keputusan Pembelian pada Bengkel Modifikasi "auto exe"
Daftar Isi:
- Perusahaan-perusahaan modifikasi umumnya menyediakan dan membuat bagian modifikasi yang paling besar perubahannya pada mobil tersebut. Yaitu bagian yang paling terlihat adalah bagian eksterior, bagian ini membuat bentuk mobil berubah. Perubahan ini meliputi sektor perubahan bumper atau disebut juga bodykit, kaki-kaki yang meliputi shockbreaker,per,dan velg serta ban mobil. Jenis penelitan dalam skripsi ini termasuk penelitian tipe deskriptif kausal, dimana secara khusus atau spesifik meneliti tentang sik ap dan kemungkinan konsumen untuk membeli produk hasil modifikasi dari bengkel “auto exe” dalam hubungannya dengan komunikasi word of mouth yang mendahuluinya. Salah satu cara bentuk promosi adalah word of mouth, yaitu merupakan bentuk penyampaian promosi berupa percakapan yang dilakukan secara sukarela kepada orang lain tanpa dilatarbelakangi kepentingan ekonomis suatu perusahaan. Konsumen memperoleh informasi ini dari orang-orang didekatnya,seperti Teman,Keluarga,Tetangga,Komunitas mobil,Acara kontes dan pameran mobil modifikasi. Dengan diperolehnya informasi dari sumber-sumber tersebut, diharapkan calon konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli produk modifikasi mobil di bengkel “auto exe”. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa besarnya nilai korelasi spearman adalah 0.745 yang berarti ada korelasi yang cukup kuat antara Word of mouth dengan minat beli konsumen. Kemudian didapat besaran koefisien determinasi sebesar 53,8%, yang berarti bahwa Word of mouth mempengaruhi minat beli sebesar 53,8% dan sisanya sebesar 46,2% dipengaruhi oleh faktor lain.