Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara empirik pengaruh dari variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic terhadap brand loyalty. Merek yang diteliti adalah merek air minum Aqua, yang respondennya diambil dari para pengguna air minum Aqua yang ada di Universitas Kristen Maranatha. Sample yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak 230 responden yang mewakili populasi yang ada. Hasil perhitungnya dengan menggunakan SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dan parsial variabel trust in a brand berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Pengaruh variabel trust in a brand terhadap brand loyalty adalah sebesar 0.322 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Nilai KMO MSA (Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy) menunjukkan angka 0.857 yang artinya � 0.5 dengan tingkat signifikansi 0.000 yang artinya � 5% sehingga mencukupi untuk olah data lebih lanjut. Ketiga faktor penelitian reliabel dan dapat digunakan untuk pengujian selanjutnya. Y = 0.305 + (- 0009 X1 )+ 0.368 X2 + 0.445 X3. Hasil Adjusted R Square 0.322 yang artinya variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer–brand characteristic air minum AQUA mempengaruhi brand loyalty sebesar 32.2% dan sebesar 67.8% dipengaruhi faktor lain Dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Consumer-brand characteristik sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.