Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah adanya era globalisasi. Dengan adanya era globalisasi ini maka persaingan antar perusahaan semakin ketat. Oleh karena itu, tiap perusahaan harus bisa meningkatkan dengan berbagai macam alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perusahaan sudah atau belum melakukan analisis cost-volume-profit, untuk mengetahui penerapan analisis cost-volume-profit oleh PT X, untuk mengetahui pengaruh perubahan variabel dalam analisis costvolume- profit terhadap laba yang dihasilkan, dan untuk mengetahui peranan analisis cost-volume-profit dalam menentukan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan laba. Objek dalam penelitian ini adalah Perusahaan X yang merupakan salah satu perusahaan dagang yang menjual kertas. Data yang digunakan adalah laporan laba rugi dan anggaran laporan laba rugi tiap bulan selama satu tahun, dan laporan perincian biaya perusahaan. Data dianalisis menggunakan metoda penelitian kualitatif dengan menggunakan acuan studi kepustakaan agar analisis dapat dilakukan secara subjektif dari sudut pandang konsep dasar akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan belum melakukan analisis cost-volume-profit. Penerapan analisis cost-volume-profit di PT X ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan laba dan menetukan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan laba dengan cara mengubah variabel-variabel dalam analisis costvolume- profit.