Hubungan Antara Learning Approach dan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pda Siswa Kelas 10 Kurikulum 2013 SMA 'X' Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Learning Approach dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa siswi kelas 10 SMA ‘X’ Bandung. Responden dalam penelitian ini adalah populasi dari siswa kelas 10 SMA ‘X’ Bandung sebanyak 153 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur yang dikonstuk sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada teori Learning Approach dari Biggs tahun 1987, sedangkan untuk prestasi belajar, peneliti mengambil dari nilai rapot Bahasa Indonesia terakhir siswa sebelum remedial. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji korelasi chi kuadrat dengan bantuan program spss 21.0. Berdasarkan pengolahan data secara statistik maka didapat koefisien korelasi sebesar 0,171. Angka tersebut menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 10 SMA ‘X’ Bandung. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bidang kajian yang sama, peneliti memberikan saran untuk dapat menggali faktor lain yang dapat memengaruhi prestasi belajar selain learning approach.