Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui derajat Work-Family Conflict (WFC) yang dialami oleh guru wanita lokal Sekolah Internasional 'X'. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel berjumlah 32 orang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur WFC yang disusun oleh Carlson, Kacmar dan William (2000) kemudian di adaptasi oleh Indah Soca, psik. (2011). Pada alat ukur ini terdapat 18 item, dimana keenam dimensi yaitu time-based WIF, time-based FIW, strain-based WIF, strain-based FIW, behavior-based WIF dan behavior-based FIW direpresentasikan dalam 3 item. Pengukuran validitas yang sudah dilakukan oleh Indah Soca, psik (2011) pada alat ukur yang sudah diadaptasi menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan hasil validitas berada di atas 0.3. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha untuk melihat internal consistency reliability dengan hasil reliabilitas berada di atas 0.88. Hasil penelitian diperoleh bahwa work-family conflict yang dialami oleh guru wanita lokal Sekolah Internasional ‘X’ memiliki derajat yang tinggi yaitu pada 18 guru (56.2%) dan 14 guru (43.8%)memiliki derajat yang rendah. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk memperkaya data penunjang terutama mengenai behavior-based sehingga dapat dibahas lebih mendalam. Peneliti memberi masukan kepada pihak sekolah untuk memberikan penyuluhan mengenai manajemen waktu dan konsultasi pribadi mengenai cara-cara penyelesaian masalah sehari-hari.