Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being pada Guru Honorer di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui derajat Psychological Well-Being pada guru honorer sekolah dasar negeri di Kota Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode cluster sampling, yaitu teknik memilih sampel dari kelompok- kelompok unit-unit yang kecil atau klaster. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 230 orang guru honorer. Alat ukur yang digunakan merupakan terjemahan dari alat ukur asli yaitu The Ryff Scale of Psychological Well-Being (SPWB,1989) dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Didi Mardiansyah.,S.Psi (2012) yang kemudian dimodifikasi oleh peneliti. Alat ukur ini terdiri dari 65 item. Alat ukur ini memiliki nilai validitas berkisar antara 0,368 sampai 0,772 dan nilai reliabilitas yaitu 0,955. Berdasarkan hasil penelitian data secara statistik, didapat sebanyak 64,35% responden memiliki Psychological Well-Being yang tergolong tinggi dan 35,65% responden memiliki Psychological Well-Being yang tergolong rendah. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian serupa, maka peneliti memberikan saran untuk meneliti kontribusi faktor demografis dan faktor dukungan sosial terhadap psychological well-being.