Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran mengenai learning approach pada mahasiswa angkatan 2013 dengan kurikulum berbasis KKNI di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka rancangan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 161 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Learning Approach yang dikonstruksi oleh peneliti berdasarkan The Revised Two-Factors Study Process Questionnaire (R-SPQ-2F) yang dikembangkan oleh John Biggs. Kuesioner ini terdiri dari 36 item. Berdasarkan uji validitas dengan mengunakan Rank Spearman dan reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, diperoleh 36 item valid dengan validitas sebesar 0,373 sampai dengan 0,661 serta reliabilitas untuk deep motive sebesar 0,643, deep strategy sebesar 0,725, surface motive sebesar 0,710, dan surface strategy sebesar 0,742. Data diolah secara statistik melalui distribusi frekuensi dan tabulasi silang faktor yang memengaruhi dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 16. Hasil pengolahan data memerlihatkan bahwa 80,7% mahasiswa memiliki learning approach dengan tipe deep approach dan 19,3% mahasiswa lainnya memiliki tipe surface approach. Konsep mengenai belajar dan pengalaman belajar di institusi merupakan faktor yang memiliki keterkaitan dengan learning approach pada mahasiswa angkatan 2013 dengan kurikulum berbasis KKNI di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Saran yang diajukan oleh peneliti kepada dosen wali yaitu memberikan konseling pada mahasiswa untuk dapat meningkatkan motivasi internal serta membantu menyusun strategi belajar yang lebih mendalam. Saran kepada tim dosen pengajar untuk memertahankan cara mengajar yang menyenangkan dan menerapkan proses mengajar yang membuat mahasiswa menjadi lebih aktif. Saran kepada mahasiswa yaitu memertahankan motivasi belajar dengan tetap merasa tertarik kepada materi perkuliahan serta tetap aktif bertanya dan melakukan diskusi di dalam kelas perkuliahan.