Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh gambaran mengenai derajat self-efficacy beliefs pada siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional di SMA Negeri 1 Kota Bandung. Populasi sasaran dalam penelitian ini berjumlah 341 responden. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan modifikasi berdasarkan pada empat aspek self-efficacy beliefs dari teori Albert Bandura (1997). Alat ukur terdiri dari 53 item dengan jenis item menggunakan skala Likert. Validitas alat ukur berkisar antara 0,362 – 0,684. Reliabilitas alat ukur = 0,724 dengan teknik split-half method, menggunakan program software SPSS versi 16,0. Hasil penelitian diperoleh melalui pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis. 51,32% responden memiliki self-efficacy beliefs tinggi dan 48,68% responden memiliki self-efficacy beliefs rendah. Sumber self-efficacy beliefs yang signifikan terhadap derajat self-efficacy beliefs siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional di SMAN 1 Bandung adalah mastery experiences, vicarious experiences, dan verbal persuassion. Berdasarkan penelitian mengenai self-efficacy beliefs ini peneliti mengajukan saran bagi penelitian selanjutnya, untuk melakukan penelitian mengenai kontribusi sumber-sumber self-efficacy beliefs terhadap derajat self-efficacy beliefs.