Studi Deskriptif Tentang Adversity Quotient (AQ) pada Mahasiswa yang Menjalani Sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah Studi Deskriptif Tentang Adversity Quotient (AQ) pada Mahasiswa yang Menjalani Sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara rinci mengenai gambaran derajat Adversity Quotient pada Mahasiswa Fakultas Psikologi yang menjalani sistem KBK di Universitas ”X” Bandung. Populasi sasaran penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 yang menjalani sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung, dengan jumlah 125 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah modifikasi dari alat ukur ‘Adversity Response Profile’ yang dibuat oleh Paul G. Stoltz (2002) yang disusun peneliti berdasarkan teori Adversity Quotient dari Paul G. Stoltz (2000). Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan Spearman dan uji reliabilitas dengan menggunakan metode split half diperoleh 44 item yang diterima, dengan validitas berkisar antara 0,306 - 0,749 dan reliabilitas sebesar 0,824. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil 68,80% mahasiswa yang menjalani sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung memiliki Adversity Quotient yang sedang. Peneliti mengajukan saran bagi peneliti-peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian lanjutan agar melakukan studi deskriptif mengenai Adversity Quotient dengan perbandingan sampel lebih dari satu angkatan mahasiswa yang menjalani sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung, agar diperoleh berbagai macam data mengenai Adversity Quotient yang dimiliki. Dan dapat melakukan penelitian mengenai pengaruh Adversity Quotient terhadap prestasi mahasiswa yang menjalani sistem KBK Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung.