Pengaruh Parent Involvement dan Tipe Parent Involvement Terhadap School Engagement Siswa-siswi SMPN "T" Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Parent Involvement dan tipe Parent Involvement terhadap School Engagement pada siswa-siswi SMPN âTâ Kota Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling dan sampel penelitian berjumlah 290 orang dengan populasi yang berasal dari kelas 7, 8, dan 9. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kontribusi. Alat ukur yang digunakan berasal dari teori Parent Involvement oleh Grolnick & Slowiaczek (1994) dan terdiri atas 44 item, juga teori School Engagement oleh Fredricks et al (2004) dan terdiri dari 56 item. Data yang diperoleh adalah dengan menggunakan uji statistik regresi linear berganda dengan program SPSS v21 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka didapat pengaruh parent involvement terhadap school engagement sebesar 0,362. Tipe personal involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral (0,355), emotional (0,384), dan cognitive engagement (0,332). Tipe school involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emotional engagement (0,153). Sedangkan tipe cognitive involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap cognitive engagement (0,202). Saran dari peneliti adalah agar kepala sekolah dan para orang tua terus meningkatkan keterlibatan orang tua terhadap pendidikan siswa, terutama dalam hal tipe personal involvement. Juga praktisi pendidikan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini terutama dalam hal psikoedukasi dan pelatihan. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti pengaruh dimensi lain dari parenting dan pemenuhan need terhadap school engagement.