Daftar Isi:
  • Penelitian “Pengaruh Student-Teacher Relationships terhadap Tipe-Tipe School Engagement pada siswa SMP „Z‟ Kota Bandung” bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh Student-Teacher Relationships (Pianta, 1999) terhadap tipe-tipe School Engagement (Fredricks, 2004) di SMP „Z‟ Kota Bandung. Alat ukur School Engagement yang digunakan dibuat oleh Stefanus dan rekan (2013), diadaptasi untuk siswa SMP. Alat ukur Student-Teacher Relationships diterjemahkan dari alat ukur Pianta (1999), diadaptasi untuk diberikan pada siswa. Divalidasi ulang menggunakan SPSS 19 dengan rentang validitas dan reliabilitas Conflict 0.339-0.738 dan 0.835, Closeness 0.364-0.687 dan 0.808, Dependency 0.306-0.424 dan 0.515, Behavioral Engagement 0.303-0.627 dan 0.840, Emotional Engagement 0.305-0.683 dan 0.838, Cognitive Engagement 0.331-0.743 dan 0.888. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Student-Teacher Relationships terhadap ketiga tipe School Engagement pada siswa SMP „Z‟ Kota Bandung. Dari hasil perhitungan uji statistik regresi linear, pengaruh Student-Teacher Relationships pada tipe Behavioral Engagement sebesar 0.344, Emotional Engagement sebesar 0.421 dan pada tipe Cognitive Engagement sebesar 0.233, ketiganya menunjukkan nilai signifikansi ρ-value 0.000. Jadi ketika siswa mempersepsikan bahwa relasi mereka dengan guru Closeness, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap keterlibatan siswa SMP „Z‟ secara Behavioral, Emotional, dan Cognitive. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai keterkaitan antar tipe-tipe School Engagement sehingga terlihat bagaimana hubungan ketiganya. Bagi kepala sekolah disarankan melakukan pembinaan guru untuk meningkatkan kemampuan berelasi dengan siswa, cara mendukung dan memotivasi siswa belajar.