Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengontrak Mata KUliah Usulan Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik dengan metode korelasi. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Usulan Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ Bandung. yang berjumlah 103 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner Dukungan Sosial Teman Sebaya yang dibuat oleh peneliti berdasarkan dengan teori House (1981) dan kuesioner Prokrastinasi Akademik yang dibuat peneliti berdasarkan teori Schouwenberg (1995). Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan rumus Rank Spearman, didapatkan 31 item valid untuk kuesioner dukungan sosial yang berkisar 0.319 – 0.726, dan reliabilitas 0.924. Sedangkan uji validitas untuk kuesioner prokrastinasi akademik, didapatkan 40 item valid yang berkisar pada 0.301 – 0.792, dengan reliabilitas sebesar 0.924. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0.286 dengan p=0.03 (p<0.05), artinya terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik dalam pengerjaan UP. Hubungan negatif berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah derajat prokrastinasi akademik. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial teman sebaya, maka akan semakin tinggi derajat prokrastinasi akademik.