Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel Berbasis Website dan Desktop
Daftar Isi:
- Hotel Trio merupakan hotel berbintang tiga yang berada di kota Bandung. Sistem pengelolaan hotel membutuhkan aplikasi yang dapat mengelola data-data secara keseluruhan. Pembuatan aplikasi ini dibuat menjadi 2 bagian terdiri dari aplikasi desktop dan website dengan implementasi sistem Customer Relationship Management (CRM) dengan menambahkan fitur email, komentar, balasan komentar, penilaian dan sms gateway. Aplikasi desktop digunakan untuk mengelola data tamu, kamar, fasilitas, makanan & minuman, melakukan pemesanan kamar, check-in, check-out, pembayaran, mencetak laporan, dan mengirim sms kepada tamu. Khusus untuk Admin dapat mengelola data pengguna yang berwenang terhadap aplikasi. Website digunakan sebagai informasi yang didalamnya terdapat informasi mengenai profil hotel, jenis & harga kamar, dan foto. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan pemesanan kamar, pemberian komentar sesuai kategori, memasukkan email, dan memberikan penilaian terhadap hotel. Khusus untuk Admin dapat melihat data komentar, penilaian, dan melakukan pengiriman email dari data email. Aplikasi Desktop dan Website dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 menggunakan bahasa pemrograman C# dan VB.NET dengan Microsoft Sql Server 2005 sebagai database.