Pengaruh Dukungan Sosial dari Guru Terhadap School Engagement pada Siswa SMA "X" Tasikmalaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Dukungan Sosial dari guru terhadap School Engagement pada siswa SMA “X” Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontribusi. Variabel penelitiannya adalah dukungan sosial dan school engagement. Pemilihan sampel menggunakan metode convenience sampling dan sampel penelitian berjumlah 280 orang. Alat ukur dukungan sosial berjumlah 43 item yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori dari House. Alat Ukur School Engagement disusun oleh Denny dkk (2013) berdasarkan teori dari Fredricks berjumlah 39 item. Validitas alat ukur dukungan sosial menggunakan rumus Rank Spearman. Nilai validitas dukungan sosial antara 0,304-0,867 dan validitas school engagement antara 0,307-0,731. Reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Realibilitas dukungan sosial 0,734-0,847 dan reliabilitas school engagement 0,706-0,776. Hasil pengolahan data menggunakan teknik multiple regression. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dukungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap school engagement. Aspek dukungan emosional dan dukungan informasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap emotional engagement. Saran dari peneliti adalah agar kepala sekolah menghimbau kepada seluruh guru di SMA “X” Tasikmalaya untuk terus memelihara dan meningkatkan dukungan sosial yang diberikan kepada siswa. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti mengenai pengaruh dukungan sosial dari orangtua dan teman sebaya terhadap school engagement.