Studi Deskriptif Mengenai Explanatory Style pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Lembang Untuk Melanjutkan ke Jenjang SMA di Kabupaten Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan Explanatory Style pada siswa kelas IX SMPN 5 Lembang, yaitu sebanyak 45 orang. Penelitian ini, melihat Explanatory Style melalui tiga dimensi, yaitu Permanence, Pervasiveness, dan Personalization, baik dalam kejadian baik (good situation) maupun kejadian buruk (bad situation) dalam lingkungan yang dialami oleh para siswa siswa kelas IX SMPN 5 Lembang. Teori yang digunakan adalah teori Seligman (1990) dengan menggunakan alat ukur yang mengacu dari teori tersebut serta dimodifikasi oleh peneliti. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner, dengan rata-rata validitas berkisar antara 0,331 sampai 0,723, dimana alat ukur yang digunakan telah dianggap valid, sementara item-item yang tidak valid sudah tidak digunakan. Reliabilitas penelitian menunjukkan angka 0,468 yang berarti alat ukur sudah cukup reliabel untuk digunakan dalam pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 39 orang (86,7%) dari 45 orang siswa yang diteliti cenderung pesimis, dimana indikator Bad (PmB,PvB,PsB) dan indikator Good (PmG,PvG,PsG), cukup berkaitan dengan Explanatory Style yang pesimis. Peneliti memberi saran pada peneliti selanjutnya untuk dapat menambah jumlah responden. Sementara, peneliti menyarankan kepada kepala sekolah SMPN 5 Lembang untuk dapat membantu siswanya dengan cara pandang yang positif akan pendidikan, sehingga dapat meningkatkan Explanatory Style optimis siswa.