Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran mengenai School Engagement pada siswa kelas 5&6 SD “X” yang berbasis pendidikan entrepreneur di Bandung. Alat ukur diadaptasi dari alat ukur yang disusun oleh Denny, Frisca, dan tim (2013) yang terdiri dari 30 item. Validasi kuesioner menggunakan Rank Spearman’s dengan range nilai 0,327-0,638 untuk tipe behavioral engagement, 0,409-0,732 untuk tipe emotional engagement, dan 0,394-0,687 untuk tipe cognitive engagement. Reliabilitas kuesioner menggunakan Alfa-Cronbach dengan nilai 0,652 untuk tipe behavioral engagement, 0,809 untuk tipe emotional engagement, dan 0,671 untuk tipe cognitive engagement. Data hasil penelitian diolah menggunakan korelasi Spearman dengan program Statistical Product and Service Solutions versi 20. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hasil persentase School Engagement hampir seimbang (50,8% tinggi dan 49,2% rendah). Bagi peneliti selanjutnya, disarankan menguji kembali faktor-faktor yang berpengaruh seperti School level factor, classroom context, dan individual need, agar dapat dilihat faktor yang paling mempengaruhi School Engagement. Dapat juga dilakukan Multiple Method melalui observasi dari guru untuk melengkapi data.