Daftar Isi:
  • Studi deskriptif mengenai achievement goal orientation pada mahasiswa yang sedang mengontrak mata kuliah PPLK di Universitas "X" Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran mengenai achievement goal orientation. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa yang sedang mengotrak mata kuliah PPLK sejumlah 34 orang. Goal orientation adalah pola keyakinan yang mengarah pada perbedaan cara pendekatan, melibatkan diri, dan perbedaan dalam merespon situasi achievement. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Alat ukur penelitian ini berupa kuesioner yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori goal orientation dari Pintrich (2002) dan terdiri dari 34 item yang mengukur mastery goals dan performance goals. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji chi square dengan program SPSS 17.0. Berdasarkan pengolahan data diperoleh koefisien validitas dengan range 0.314-0.866 serta hasil reliabilitas 0,818 yang tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa goal orientation pada mahasiswa yang sedang mengontrak mata kuliah PPLK yang menerapkan mastery approach sebesar 61.8%, mastery avoidance sebesar 20.6%, dan performance approach sebesar 17.6%. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa sebagian besar berorientasi pada mastery approach memiliki penguasaan tugas yang bervariasi, menantang, serta memiliki pemahaman mendalam terhadap tugas. Peneliti mengajukan saran teoretis kepada peneliti selanjutnya untuk menambahkan pertanyaan dalam kuesioner dan menggali data penunjang dengan open questions sehingga dapat menjaring lebih banyak informasi. Saran praktis kepada mahasiswa adalah meningkatkan goal orientation yang berorientasi pada performance goal dengan cara lebih berinteraktif dikelas sehingga diharapkan mahasiswa menerapkan mastery approach dan untuk mahasiswa yang akan mengontrak mata kuliah PPLK disarankan untuk memahami materi-materi psikodiagnostik yang telah dipelajari sebelumnya.