Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk memeroleh tipe locus of control dan faktor-faktor yang memengaruhinya pada mahasiswa/i Universitas “X” Bandung yang mengendarai motor tentang peraturan lalu lintas. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Alat ukur dibuat oleh peneliti berdasarkan the I-Scale dari Julian Rotter (1972) berupa kuesioner dengan tipe forced choice yang terdiri atas 25 pasang item pernyataan. Validasi kuesioner menggunakan Rank Spearman’s dengan range 0,31 – 0,66 dan reliabilitas menggunakan Alfa-Cronbach dengan nilai reliabilitas yang tinggi yaitu 0,71. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan korelasi Spearman dengan program SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 92% yang memiliki locus of control internal dan hanya 8% yang memiliki locus of control eksternal. Jadi disimpulkan bahwa, sebagian besar mahasiswa/i di Universitas “X” Bandung yang mengendarai motor memiliki kecenderungan locus of control internal dan faktor usia memiliki kecenderungan keterkaitan dengan locus of control. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai kontribusi dari faktor usia, pengalaman di lembaga, latihan dan pengalaman, serta efek terapi terhadap locus of control