Daftar Isi:
  • Pertumbuhan perekonomian nasional salah satunya dipicu oleh kemunculan para pengusaha kecil menengah dan usaha mikro. Salah satu pelaku UKM diantaranya para pedagang kaki lima (PKL) yang bergerak dalam bidang usaha warung makan atau kuliner. Pedagang kaki lima yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah warung makan “Angkringan Koboi”. Penelitian dalam hal ini adalah mengenai pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan peningkatan loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan di area makan angkringan koboi Bandung, dengan jumlah populasi tidak terbatas, dan yang dijadikan sampel sebanyak 160 konsumen sebagai responden. Sampel diambil dengan menggunakan non probability sampling, dengan metode pusposive sampling. Data hasil kuisioner diuji dengan uji validitas, yaitu uji korelasi product moment dengan kriteria r hitung > r tabel, dan uji reliablitas dengan menggunakan uji cronbach’s alpha dengan kriteria nilai alpha + 0.60. Analis data menggunakan analisis regresi dengan model path. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan konsumen sebesar 0,574 (57,4%), dan berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas konsumen sebesar 0,30 (30%), sedangkan kepuasan konsumen, berpengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,24 (24%). Itu artinya bahwa kualitas pelayanan, berpengaruh langsung terhadap peningkatan loyalitas konsumen, dan juga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, melalui mediasi kepuasan konsumen.