Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada home industry Crop “Mountain Sandal”)
Daftar Isi:
- Dalam dunia usaha, banyak orang menggunakan berbagai macam promosi agar dapat memasarkan produk yang mereka pasarkan. Dengan menggunakan promosi yang bervariasi, diharapkan dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh promosi yang dilakukan oleh home industry Crop “Mountain Sandal” dalam mempromosikan produk sandal gunung yang bermerek Crop terhadap minat beli konsumen di kota Bandung. Pengaruh promosi dapat dinilai dari beberapa variabel yang terdiri atas informing, persuading, reminding, adding value, assisting. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode descriptive, dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni peneliti mengambil berdasarkan kriteria tertentu, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dimana respondennya adalah para mahasiswa/mahasiswi pecinta alam. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 11.5. Pengaruh promosi terhadap minat beli konsumen pada sandal gunung adalah 64%, dimana nilai tersebut cukup besar pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada sandal gunung. Sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Penulis mengajukan saran supaya perusahaan dapat terus berpromosi sehingga dapat menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut.