Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen di Tea Gula Resto
Daftar Isi:
- Dalam era globalisasi ini persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat dan juga tidak dapat dihindarkan lagi. Oleh karena itu perusahaan sangat membutuhkan ide-ide untuk menarik para konsumen dan juga meningkatkan kinerja perusahaan dan kualitas pelayanan kepada konsumen. Strategi yang harus diterapkan oleh suatu perusahaan salah satunya adalah mencakup peningkatan kualitas jasa yang diberikan kepada konsumennya. Adapun tujuan dari peningkatan kualitas jasa adalah untuk mendapatkan kepuasan konsumen dan pada akhirnya akan menciptakan loyalitas. Dalam penelitian ini, penulis ingin menganalisis mengenai ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Dimana judul penelitian ini adalah "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Tea Gula Resto Jalan Surya Sumantri no. 32 Bandung". Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probabiltas sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 128 responden dimana respondennya adalah mahasiswa/mahasiswi di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yang pernah membeli dan melihat kualitas kinerja pelayan atau karyawan. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 12.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 35,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Penulis menyarankan kepada perusahaan agar dapat memberikan manfaat bagi perkembangan perusahaan khususnya dalam mengembangkan strategi perusahaan selanjutnya, dalam memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.