Quality of Life dan Teaching Self-Efficacy pada Kelompok Profesi Dosen Fakultas Psikologi Perguruan Tinggi Swasta di Bandung

Main Authors: Cahyono, Maria Yuni Megarini, Tarakanita, Irene
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/14167/1/Quality%20of%20Life%20dan%20Teaching%20Self-Efficacy%20pada%20Kelompok%20Profesi%20Dosen%20Fakultas%20Psikologi%20-.pdf
http://repository.maranatha.edu/14167/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan memebrikan gambaran derajat quality of life dan teaching self-efficacy. Teknik pengambilan sampelnya adalah non-probability sampling yaitu partisipan dipilih berkaitan dengan topik penelitian dan didapatkan 37 orang. Desain non-probability sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kedekatan dalam menjangkau populasi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner quality of life dari WHOQOL-BREF yang dibuat oleh tim dari World Health Organization (WHO) yang meliputi domain fisik, psikologis, sosial dan hubungan dengan lingkungan. Kuesioner quality of life diadaptasi dari WHOQOL-BREF yang berjumlah 26 item dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,936 serta nilai validitas antara 0,372-0,818. Kuesioner teaching self-efficacy dari Bandura meliputi aspek efficacy to influence decision making, efficacy to influence resources, instructional self-efficacy, disciplinary self-efficacy dan efficacy to create a positive climate yang sudah diadaptasi oleh peneliti dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,914 serta nilai validitas antara 0,363-0,769. Hasil korelasi antara quality of life dan teaching self-efficacy diperoleh sebesar 0,318 yang ebrarti korelasi tergolong rendah. Berdasarkan hasil hitung statistik dapat diperoleh hasil bahwa mayoritas partisipan memiliki quality of life yang positif dan sebagian responden memiliki derajat teaching self-efficacy pada level sedang sampai tinggi. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian selanjutnya adalah perlu dikembangkan dengan mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi quality of life dan teaching self-efficacy, melibatkan partisipan yang lebih banyak dan lokasi penelitian yang lebih luas. Implikasi dari penelitian ini akan didiskusikan lebih lanjut.