Pengaruh Ekuitas Merek Minuman Bersoda Merek Fanta terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Persaingan dalam dunia bisnis akan terus berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Dengan meningkatnya permintaan konsumen akan produk minuman bersoda, maka terbuka peluang bagi para pengusaha khususnya industri minuman ringan bersoda untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Dengan banyaknya perusahaan minuman ringan bersoda dan merek-merek minuman ringan bersoda seperti Coca-cola, Sprite, Pepsi, Tebs dan lain-lain mengakibatkan konsumen akan semakin teliti dan kritis dalam memilih minuman ringan bersoda yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah minuman bersoda merek Fanta. Merek merupakan hal yang paling penting dalam pemasaran karena dengan merek dalam suatu produk konsumen akan mengenal produk perusahaan. Dari penanaman merek dalam benak konsumen maka terciptalah ekuitas merek terhadap produk perusahaan yang akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ekuitas merek secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun variabel yang digunakan meliputi kesadaran merek, loyalitas merek, kesan kualitas, dan asosiasi merek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Dari variabel kesadaran merek, loyalitas merek, kesan kualitas dan asosiasi merek, dalam penelitian ini variabel yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah loyalitas merek, kesan kualitas dan asosiasi merek. Dan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah variabel asosiasi merek dengan besar pengaruh 53,6%.